Selasa, 08 November 2016

Tips dan Tata Cara Aplikasi Stipendium Hungaricum Scholarship








Halo teman-teman semua. Kali ini saya ingin berbagi sedikit tips agar bisa maksimal usaha memperoleh beasiswanya dan juga yang pasti agar bisa lolos beasiswa dong yaa. Karena saya lulus di beasiswa Stipendium Hungaricum di Negara Hungaria, mutiara terindah di Eropa Tengah, maka saya akan membahas spesifikasi tentang beasiswa stipendium dan tips untuk membuka hati para penyeleksi beasiswa pastinya. Hehe~
Tips yang pertama, baca dan pelajari dengan sungguh-sungguh penjelasan yang diberikan di website resmi Stipendium Hungaricum Scholarship. Disana tertulis dengan sangat jelas mengenai beasiswa itu sendiri, mulai dari persyaratan beasiswa, langkah-langkah aplikasi beasiswa, jadwal-jadwal atau tanggal penting yang harus kita ingat, kontak-kontak yang bisa kita hubungi, frequently asked question, apasaja yang kita peroleh dari beasiswa, sending partner, dan juga masih banyak lagi panduan-panduan yang bisa kita pelajari dengan mudah. Oh iya, untuk panduan lengkapnya, kita bisa download pada bulan desember. Nanti kalau kita buka websitenya, disana akan tertulis “Call for application” and “Guide for Stipendium Hungaricum”, tinggal klik deh. Maka kita bisa mendapatkan panduan lengkap dan juga format-format file penting yang harus kita isi dan lengkapi. Disana juga akan tertera biaya apa saja yang di include dan exclude dari beasiswa. Pokoknya informasinya sangat lengkap deh.
Tips yang kedua, lengkapi semua berkas yang diminta dan tidak kurang satu persyaratan apapun. Istilahnya, “You missed one, you missed everything”. Jadi kita harus keep in our mind, kalau ada salah satu persyaratan yang diminta kita tinggalkan, maka kita akan kehilangan kesempatan. So, persiapkan segala sesuatunya dengan sangat teliti. Apa yang diminta itulah yang kita berikan. Untuk persyaratan lengkapnya, bisa dilihat dibawah ini:
-          Curriculum vitae (euro pass format), ada di panduannya.
-          Motivation Letter (Min. 1 page)
-          Study certificate (Ijazah dan transkip nilai, jangan lupa di translate ke bahasa Inggris yah)
-          Language certificate (TOEFL/550 atau sejenisnya)
-          Medical certificate (Juga pakai bahasa Inggris)
-          Passport copy

Semua berkas di  submit secara online dalam bentuk scan copy. Untuk teman-teman yang belum mendapatkan ijazah atau belum mempunyai passport, jangan khawatir. Karena berkas bisa menyusul sebelum deadline yang sudah ditentukan. Oh iya, perlu diingat ya guys, selain kemampuan akademis, yang dilihat dari CV dan juga transkrip nilai, motivation letter juga bisa menjadi penentu untuk lulus atau tidaknya kita loh. Jadi persiapkan motivation letter kalian dengan sebagus mungkin. Mulailah menulis motivation letter dengan paragraph yang stunning. Agar yang membaca merasa tertarik dan bisa yakin dengan kemampuan kita. Buatlah motivation letter yang bisa meyakinkan pembaca bahka kita layak untuk lolos dan diberi kesempatan. Isi dari motivation letter itu kurang lebih adalah alasan mengapa kita mengambil jurusan yang kita pilih, kelinearan atau kesinambungan jurusan yang kita pilih dengan jurusan kita pada study sebelumnya atau S1, aktifitas apasaja yang sudah kita lakukan yang mendukung jurusan yang kita pilih, visi dan misi kita untuk kedepannya setelah selesai study, dan juga penjelasan mengapa kamu layak untuk lulus. Buatlah motivation letter selengkap dan sebagus mungkin, namun tetap detail dan tidak bertele-tele. Setelah menurut kalian sudah bagus, cobalah untuk meminta orang lain yang sudah berpengalaman dalam hal ini untuk mengkoreksinya atau memberikan feedback. Setelah semua berkas dan persyaratan terpenuhi, mulailah untuk mendaftar. Biasanya rentang waktu pendaftaran dimulai dari bulan Januari sampai bulan Maret. Dibawah ini bisa dilihat jadwal penting aplikasi beasiswa:
- Januari-Maret              : Pendaftaran online dan pengumpulan berkas
- Maret                           : Pengumuman seleksi round pertama atau formal check.
- April-Juni                    : Pengumuman seleksi round kedua atau Interview.
- Akhir Juni                   : Pengumuman akhir kelulusan beasiswa.
- Juli-Agustus                : Visa application.
- September                   : Arrival to Hungary
Tips yang ketiga, mulailah aplikasi di awal pendaftaran. Jangan menunggu sampai pendaftaran hampir ditutup yaa. Karena selain mereka melihat kriteria pendaftar, mereka juga memiliki kuota. Jadi akan lebih bagus jika mendaftar di awal pendaftaran dibuka. Tatacara pendaftaran bisa kita lakukan dengan sangat mudah dengan cara melihat pada panduan yang sudah kita download. Pada saat pemilihan jurusan dan universitas, kita bisa memilih 3 universitas dan jurusan. Jadi, sebelum mendaftar cobalah untuk mencari informasi mengenai universitas-universitas yang ada di Hungaria. Kalian bebas untuk memilih. Namun pada dasarnya semua universitas di luar negeri itu sangatlah baik dan berkualitas. Percaya deh. Sebagai informasi, saya lulus di University of Pecs. Waktu itu universitas ini adalah universitas pilihan kedua saya. Saya tidak lulus di Universitas pilihan pertama dan ketiga. Alasan mengapa saya memilih universitas ini adalah karena University of Pecs merupakan universitas pertama dan tertua di Hungaria. Selain itu, kota Pecs juga sangat cantik, dan juga tempat yang cocok untuk para pelajar. Karena sangat nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Biaya hidup disini juga tergolong murah. Namun apapun itu, kalian tetap bebas memilih universitas maupun kota manapun untuk dijadikan tempat belajar.
Tips yang keempat untuk teman-teman yang lulus menuju Interview atau wawancara. Setelah mendapatkan pemberitahuan untuk wawancara, mulailah untuk mempelajari betul-betul motivation letter yang kita buat. Karena biasanya mereka akan menanyakan mengenai motivation letter yang kita buat. Mungkin tujuannya adalah untuk mengetahui apakah motivation letter yang kita submit adalah buatan kita sendiri atau orang lain. Sebagai tambahan, mulailah mencari-cari informasi di internet tentang apasaja yang mungkin ditanyakan ketika wawancara beasiswa. Demi lancarnya wawancara, kalian juga perlu untuk mempersiapkan diri dengan cara latihan wawancara dengan teman atau orang terdekat. Hal ini akan sangat membantu. Persiapkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan wawancara beasiswa, dan mulailah menjawab pertanyaan tersebut agar kalian bisa mengetahui seberapa meyakinkannya jawaban yang kalian punya. Dibawah ini kalian bisa melihat pertanyaan apa saja yang saya dapatkan waktu wawancara:
- Jelaskan latar belakang pendidikan Anda!
- Apa mata kuliah yang Anda sukai?
- Mengapa Anda memilih jurusan International Relation?
- Apa yang akan Anda lakukan setelah lulus study?
- Apa spesifikasi yang akan Anda ambil dalam study International Relation?
- Mengapa memilih Negara Hungaria?
Kurang lebih pertanyaannya seperti itu yaa. Pada saat pelaksanaan wawancara, persiapkan koneksi internet yang sangat bagus, karena wawancaranya melalui media Skype. Akan sangat disayangkan kalau kita tidak mempunyai koneksi internet yang bagus, karena akan menjadi kendala. Selain itu, pakailah pakaian yang rapi. Dan, jangan menunjukkan rasa takut ketika pertama kali kita melihat wajah para professor yang akan memberikan kita pertanyaan. Sebagai informasi, mereka sangat ramah kok. Dan tidak menakutkan sama sekali. Hindari rasa kurang percaya dirinya, dan tunjukkan kalau kita memang sangat yakin dengan kemampuan kita dan jawaban yang kita punya. Dan yang paling penting adalah, selalu berdoa dan memohon sama Allah agar selalu diberi kemudahan dan kelancaran. Amin.
Cukup sampai disini dulu yaa teman-teman. Mudah-mudahan apapun yang menjadi keinginan dan cita-cita kita semua bisa tercapai. Good luck and see yaa :-)

41 komentar:

  1. alhamdulillah. kemarin mau nanya ini k fita, tapi udah terjawab dr postingan fita :)
    semoga sukses y fita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Atini. Sukses juga buat tini.. :)

      Hapus
  2. Kak, untuk medical certificate, itu apa ditentukan Rumah Sakit nya ? dan bagaimana dengan translasi ke bahasa inggris nya ( apa rumah sakit menyediakan yang bahasa Inggris/ perlu d translate melalui translator ) ? Makasih banyak ya Kak

    BalasHapus
  3. Rumah sakitnya tidak ditentukan, yang penting menjelaskan kalau applicant bebas dari penyakit AIDS, Hepatitis A, B, C, dsb. Kalau masalah translasi nya bisa ditanyakan ke pihak RS nya, apakah menyediakan atau tidak, kalau tidak ada, bisa kita translate dulu baru kembali lagi ke RS.

    BalasHapus
  4. Halo fita,aku pengen tanya2 soal beasiswa ini soalnya googling masih dikit banget yang bahas stipendium hungaricum, ada alamat email kah?

    Masih tentang MCU, itu kalo lewat puskesmas bisa ngga? Dulu fita habis berapa untuk MCU Cek HIV Dan hepatitis dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Iyaa bisa lewat email aja fitafebiyola17@gmail.com.
      Kalau untuk MCU, kemarin saya di klinik. Ngga banyak kok biayanya. Di puskesmas juga bisa kok. Dimana saja yg penting menerangkan bahwa kita terbebas dari penyakit tsb.

      Hapus
  5. Halo kak, catatan ini sangat membantu sekali :)
    Saya first ambar, mau bertanya kak. Untuk daftar beasiswa stipendium hungaricum, apakah harus sudah mempunyai LoA dari universitas di hungaria ? Terima kasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Salam kenal ya. Nggk kok. Gak harus punya LoA dlu. Pendaftaran beasiswa ini sekaligus pendaftaran di universitas. Nanti disuruh memilih 3 universitas. Kalau lulus d univ secara langsung beasiswa nya lulus juga.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Salam kenal. Iya boleh. Nanti akan saya kirimkan.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Maaf ya kemarin lagi kurang sehat. Jadi agak lama. Sekarang sudah saya kirim ke email yaa..

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Hai Fita, untuk test toefl kalau dimasukan menyusul apa boleh? Thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Maaf baru bisa balas. Boleh. Cuma skor nya harus dimasukkan. Certificatenya boleh menyusul.

      Hapus
  13. Halo kak fita, salam kenal
    Translate dokumen apakah pakai sworn translator?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mifta. Maaf baru bisa balas. Nggk kok. Saya kemarin malah translate sendiri.

      Hapus
  14. Halo Fita, mau tanya, utk beasiswa ini gak mengcover biaya hidup selama di Hungaria kah? krn di penjelasannya tidak ada, bagaimana untuk kelangsungan hidup disana? apakah mencukupi dengan uang saku 130 Euro? apakah ada kesempatan untk part time work?

    Makasih, Farida

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Biaya yg di cover full tuition fee, akomodasi, asuransi kesehatan dan juga termasuk biaya hidup. 130 euro setiap bulannya itu untuk biaya hidup. Untuk akomodasi berbeda lagi, 130 euro juga. Jadi total 260 euro perbulan. Kalau untuk part time job sejauh ini masih belum tau. Hhe

      Hapus
    2. dengan sejumlah beasiswa itu sudah mencukupi kah utk hidup di Hungaria?

      Hapus
    3. Mohon infonya, apakah dengan beasiswa yang diberikan oleh Stipendium ini cukup untuk kehidupan di Hungaria atau kita masih harus mencari tambahan income ya?

      Hapus
    4. Halo. Farida. Maaf telat banget balas nya ya. Sejauh ini cukup kok. Relatif sih tergantung masing2 orang. Ada yang mencari tambahan ada juga yang tidak. Tergantung bagaimana kita mengaturnya.

      Hapus
  15. Halo kk fita, mau tanya ni. Kan kita bebas pilih 3 jurusan yg berbeda dari 3 univ yg berbeda kan kk. Pertanyaan agung mengenai Motivation Letternya gmn kk? Apakah hrus dibuat 3 atau 1 saja. Krn kan setiap jurusan yg kita ambil memiliki alasan tersendiri yg mngkin berbeda dgn 2 jurusan yg lainnya. Kalo kakak dlu buatnya gmn dan plihan jurusannya apa aja? Mohon infonya y kk :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Agung. Kalau saran saya, tidak apa2 tidak mencantumkan nama masing2 universitas, jadi secara general fokus dengan negara Hungary saja. Masalah jurusan, better sih ketiga pilihan jurusannya masih dalam satu bidang. Karna agak sulit, satu motivation letter mewakiki 3 universitas. Dan masing2 universitas pasti mereview motlet kita.

      Hapus
  16. Halo Fita, nice blog! :)
    saya baru lolos tahap I Stipendium, dan akan diinterview. Saya ingin menanyakan beberapa hal terkait persiapan interview. Apa saya bisa hubungi Fita by email? Kalau iya, apa bisa saya minta emailnya Fita?
    your help will be much appreciated

    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Chintya. Makasih sudah mampir. Wah selamat yaa. Iya bisa banget. Ini email saya.
      fitafebiyola17@gmail.com

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Hi Fita, Salam kenal, sy Rin makasih ya atas infonya.. blog ini sangat membantu sy.. boleh tdk sy hubungi lewat email?

    BalasHapus
  20. Halo, Rin. Salam kenal. Iya boleh kok. Don't hesitate to contact me.
    fitafebiyola17@gmail.com

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Halo kak, saya mau tanya-tanya lebih lanjut soal ini. Apakag ada kontak line yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  23. Halo kak, saya mau tanya-tanya lebih lanjut soal ini. Apakag ada kontak line yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  24. kak mau tanya kan kalau mau apply harus ada code , itu sign up nya dimana ya?

    BalasHapus
  25. Halo kak Fita, salam kenal namaku Hana. Kak aku izin tanya, untuk pemilihan jurusan apakah boleh memilih 2 jurusan yang berbeda di 2 univ berbeda? Misal aku lulus S1 dari jurusan Management of Natural Resources and Environment, lalu untuk pilihan 1 aku mau pilih MSc in Geography (Univ. of Szeged) dan pilihan 2 MSc Environmental Engineering (Univ. of Decbrecen)? Apakah memungkinkan kak bila seperti itu, atau jurusannya harus sama persis?

    Mohon infonya ya kak, makasih kak Fita :)

    BalasHapus